ARTICLES HOME | ARTICLES | CATEGORY | KECERDASAN OTAK | 8 MAKANAN PINTAR

8 MAKANAN PINTAR

Administrator   08 May 2015 | 06.30

1 comments | 704 views | 0 Likes

 

Makanan merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang si kecil, tidak hanya bagi perkembangan fisiknya saja namun makanan pun sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak anak lo, Bu. Awal kehidupan si kecil merupakan tahun-tahun yang sangat penting dalam perkembangannya.

Mengonsumsi makanan bergizi merupakan langkah awal yang bisa Ibu lakukan dalam membentuk anak cerdas. Walaupun banyak sekali ragam dari makanan yang dapat menunjang kecerdasan anak, namun Ibu tetap harus memilih apa saja makanan terbaik untuk si kecil.

“Asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh anak merupakan salah satu faktor yang sangat penting pada tumbuh kembang anak,” kata dr. Rahajeng dari meetdoctor.com.

Beberapa orang beranggapan bahwa anak cerdas berasal dari faktor genetik orangtuanya. Padahal banyak sekali faktor yang dapat membuat anak menjadi cerdas, di antaranya faktor makanan, permainan, lingkungan, pendidikan dan beberapa faktor lainnya. Nah, makanan merupakan salah satu dari banyak faktor yang dapat memengaruhi perkembangan otak si kecil.

Ingin tahu makanan apa saja yang dapat mencerdaskan anak, Bu? Ini dia:

  1. Salmon

Salmon merupakan sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3, DHA, dan eikosapentanoat (EPA) yang sangat baik untuk pertumbuhan dan fungsi otak anak. Kandungan asam lemak ini juga dapat meningkatkan memori si kecil lo, Bu.

Ibu bisa mengkreasikan salmon dengan membuat sandwich salmon atau ikan tuna, salad sayuran dengan salmon, serta salmon yang dicampurkan dengan mayo rendah lemak.

  1. Telur

Makanan yang satu ini tentu saja menjadi favorit ya, Bu? Selain harganya yang relatif murah ternyata telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kecerdasan anak. Sedangkan kuning telur mengandung kolin yang dapat meningkatkan kemampuan memori anak. Selain itu, telur juga memiliki nutrisi seperti kolin, zinc, dan lutein yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak.

Ibu dapat membuat berbagai resep makanan anak dengan menu utama telur seperti roti gandum isi telur. Selain itu, Ibu pun bisa membuat berbagai macam masakan dari bahan telur yang bisa meningkatkan nafsu makan si kecil.

  1. Kacang-kacangan

Satu lagi makanan yang baik untuk otak anak adalah kacang-kacangan. Kacang memiliki ragam dan jenis yang banyak, salah satunya adalah kacang merah yang banyak mengandung protein serta karbohidrat kompleks yang akan diolah menjadi energi dan sangat baik untuk aktivitas sel-sel otak dan tumbuh kembang anak. Selain itu, kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak esensial, vitamin, mineral, dan selenium yang juga terdapat pada cracker atau roti gandum.

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA (jenis omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak).

Selain itu, Ibu juga dapat membuatkan roti dengan selai kacang sebagai menu makanan sehat untuk anak pada pagi hari. Selai kacang memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi membran pada saraf lo, Bu. Tidak hanya itu, selai kacang pun mengandung thiamin yang baik untuk otak anak, serta glukosa yang berfungsi sebagai energi si kecil.

  1. Biji-bijian

Hampir sama dengan kacang-kacangan, biji-bijian pun sangat baik dikonsumsi oleh si kecil. Biji-bijian seperti roti atau gandum dan sereal dapat memberikan glukosa sebagai sumber energi yang dibutuhkan untuk otak anak. Ibu bisa menambahkan biji-bijian pada menu makanan anak atau bisa beralih dari roti biasa ke roti gandum. Selain itu, makanan yang berbahan dasar gandum pun bisa Ibu berikan sebagai camilan sehat untuk si kecil.

  1. Oatmeal

Mungkin Ibu sering memberikan oatmeal pada si kecil. Oatmeal mengandung serat yang sangat banyak yang berfungsi menjaga otak anak selama beraktivitas seharian. Selain itu oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium, dan zinc yang membuat tubuh serta otak bekerja dan berfungsi secara maksimal.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi oatmeal dapat melakukan tugasnya dengan baik daripada anak yang tidak mengonsumsi oat sama sekali. Ibu bisa menyajikan oatmeal sebagai sarapan si kecil. 

  1. Sayuran berwarna

Si kecil susah makan sayur? Sayang sekali, Bu, padahal sayuran banyak sekali manfaatnya. Sayuran berwarna seperti ubi jalar, labu, wortel, dan bayam adalah sumber terbaik antioksidan yang dapat menjaga sel-sel otak menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, sayuran tersebut dipercaya dapat membantu dalam mempertahankan kekuatan serta kesehatan membran sel.

Agar anak suka makan sayuran, Ibu dapat mencoba membuat jus sayuran atau memberikannya kreasi salad yang unik. Ibu juga bisa mengganti camilan tak sehat si kecil dengan kentang panggang manis atau wortel kukus.

  1. Buah-buahan

Tahukah Ibu bahwa buah-buahan seperti strawberry, cherry atau blueberry mengandung antioksidan dengan kadar yang sangat tinggi dan juga vitamin c? Buah-buahan jenis ini sangat mudah untuk dikreasikan. Si kecil tentunya akan sangat senang jika Ibu membuatkannya salad buah berries atau smoothies untuk camilannya.

  1. Susu & Yoghurt

Susu atau produk olahan susu seperti yogurt merupakan salah satu minuman yang sangat baik jika dikonsumsi oleh anak, Bu. Banyak sekali kandungan gizi serta nutrisi di dalamnya, seperti vitamin B yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter (salah satu dari kelas zat kimia yang membawa pesan antar neuron), serta enzim. Yogurt atau susu rendah lemak merupakan sumber protein dan karbohidrat yang baik untuk otak.

Selain itu, yogurt penting untuk kesehatan otak yang dapat membantu menjaga membran sel otak menjadi lebih peka dalam membantu mengirimkan dan menerima informasi.

Sudah tahu akan memberi makan apa pada si kecil hari ini, Bu?

 

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P, dokter umum (tim Meet Doctor)


Silahkan isi komentar anda dibawah.

ARTIKEL TERPOPULER
MINGGU INI

5 SUMBER KARBOHIDRAT TERBAIK

NEWSLETTER

DAPATKAN INFORMASI DAN,
PROMO TERBARU KAMI!
KEMBALI
KE ATAS